PENGERTIAN PONDASI BATU KALI


Seperti namanya, pondasi ini terbuat dari susunan batu kali yang di susun memanjang atau menerus, oleh karena itu pondasi ini biasa juga di sebut pondasi menerus, proses kerja pondasi ini adalah meneruskan beban vertikal dari beban bangunan di atasnya ke tanah dimana posisi bangunan itu berdiri, pondasi Batu Kali umumnya berbentuk trapesium dengan ukuran lebar atas 30 cm, lebar bawah 60 cm dan ketinggian antara 60 cm sd 70 cm.

Diatas pondasi batu kali biasanya di buat SLOOF, yaitu pasangan beton bertulang yang akan mengikat konstruksi tiang tiang beton yang kemudian disalurkan secara merata ke pondasi batu kali ini. Sloof untuk rumah 1 lantai biasanya berukuran 15 x 20 cm, dan untuk rumah 2 lantai biasanya berukuran 20 x 30.

Untuk kondisi tanah yang stabil, sistem pondasi Batu Kali ini cukup memadai untuk memikul beban konstruksi diatasnya, dan sistem pondasi ini biasanya dipakai untuk bangunan 1 lantai, dan untuk bangunan 2 lantai umumnya akan di tambah pondasi FOOT PLATE atau PONDASI CAKAR AYAM di titik titik struktural.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan tulis di komentar apabila anda ingin menggunakan jasa kami, atau segera hubungi kontak kami agar kami segera merespon anda. Terima kasih